Kamis, 12 Maret 2015

Laporan Perakerin - SMK N 2 KENDAL

BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang  Praktik  Kerja  Industri
Dengan  perkembangan  dunia  usaha/industri  yang  pesat,  dibutuhkan  kemampuan  dan  keterampilan  untuk  menjalankannya.  Agar  tidak  ketinggalan  zaman.
Pelaksanaan  Praktik  Kerja  Industri  merupakan  suatu  upaya  yang  ditempuh  untuk  meningkatkan  kualitas  tamatan  SMK  dalam  mencapai  tujuan  relevansi  pendidikan  dengan  tuntutan  kebutuhan  dunia  industri,  juga  dapat  meningkatkan  hasil  pekerjaan  yang  berkualitas,  disiplin  waktu  dan  kreatifitas  dalam  bekerja.  Serta  memiliki  pengalaman  dan  wawasan  industri  yang  luas.
Pengembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  membawa  pengaruh  besar  pada  perekonomian  di  Indonesia.,  seiring  dengan  adanya  perkembangan  dunia  industri  yang  sangat  baik,  maka  diperlukan   kemampuan  dan  keterapilan  yang baik  agar  dapat  menyesuaikan  diri  dengan  perkembangan  di  dunia.
Dengan  adanya  kebijaksanaan  pemerintah  diharapkan  Indonesia  mampu  untuk  memanfaatkan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  sehingga  banyak  perusahaan  yang  menciptakan  barang-barang  yang  lebih  menarik  dan  konsumen  akan  lebih  sering  membeli/memakainya.
Permasalahan  yang  dihadapi  oleh  setiap  perusahaan  pada  umumnya  bagaimana  atau  apa  saja  yang  harus  dilakukan  agar  mencapai  volume  penjualan  yang  menguntungkan. Salah  satu  alternative  untuk  mengatasi  permasalahan  tersebut  adalah  perusahaan  atau  pemasar  harus  dapat  melakukan  kegiatan  pemasaran  yang  baik  serta  telah  ditentukan  harga  jualnya  secara  cermat. 
Alat-alat  yang  dapat  digunakan  untuk  mempromosikan  suatu  produk,  dapat  memilih  beberapa  cara   berikut  :
-                Iklan  (Advertensi)
-                Kewiraniagaan  (Personal  Selling)
-                Promosi  penjualan  (Sales  Promotion)
-                PR  (Publik  Relation)
Kombinasi  keempat  bentuk  cara  promosi  tersebut  sering  disebut  buaran  promosi.  Rumusan  pesan  yang  disampaikan  dalam  promosi  harus  sedemikian  rupa  sehingga  menyentuh  hati  konsumen.  Perumusan  pesan  harus  bersifat  tajam  tetapi  halus.  Kondisi  ini  merupakan  factor  pendorong  untuk  diadakan  prnrlitian  guna  mengatasi  masalah  yang  muncul  didalam  kebijakan  perusahaan  yang  berkaitan  dengan  peningkatan  penjualan  sehingga  penulis  merasa  tertarik  untuk  melakukan  penelitian  tentang  pengaruh  biaya  promosi  terhadap  hasil  penjualan.

A.   Maksud  Dan  Tujuan  Perakerin
Tujuan  praktik  kerja  industri  yaitu  agar  siswa  memiliki  wawasan  kerja,  mengetahui  bagaimana  cara  bekerja  dikantor  dan  dilapangan.  Memiliki  keterampilan  dan  tanggung  jawab  dibidangnya.  Siswa  dapat  mengenal  dunia  kerja  yang  menuntut  konsentrasi  dan  kedisiplinan  yang  tinggi.  Siswa  dapat  diharapkan  mampu  menyerap  keterampilan  yang  didapat  dari  duni  kerja  dan  mapu  mengaplikasikannya  pada  saat  bekerja  nanti.  Manfaat dari  Praktik  Kerja  Industri,  yaitu  :
1.            Siswa
a)            Memberi  peluang  untuk  mendapatkan  kesempatan  kerja.
b)            Memberi  doronga  kepada  siswa  untuk  berjiwa  wiraswasta.
c)            Mendapatkan  hasil  belajar  yang  telah  diperoleh  disekolah.
d)           Membekali  siswa  dengan  pengalaman  kerja.
e)            Proses  awal  bagi  siswa  untuk  masuk  ke  dunia  industri.
2.            Sekolah
a)            Menjalin  kerjasama  secara  lebih  mantap  dengan  pihak  industri.
b)            Peluang  memasarkan  tamatan  sekolah  dan  promosi  sekolah.
c)            Memperoleh  masukan  dari  dunia  usaha  untuk  program  perbaikan  program  pembelajaran.
3.            Industri
a)            Peluang  untuk  mendapatkan  tenaga  kerja  yang  sesuai  denga  kebutuhan.
b)            Peluang  meningkatkan  teknologi  produksi  dan  iklim  kerja  dengan  memanfaatkan  keterampilan  siswa.
c)            Peluang  untuk  berperan  serta  dalam  upaya  peningkatan  mutu  tamatan  SMK.

B.   Tujuan  Menyusun  Laporan
Setelah  melaksanakan  praktik  kerja  industri  selama  3  bulan  di  industri,  siswa  diwajibkan  membuat  laporan  Praktik  Kerja  Industri.  Tujuan  penulisan  Laporan  Praktik  Kerja  Industri,  antara  lain  :
1.            Untuk  memenuhi  persyaratan  dalam  rangka  menempuh  Ujian  Nasional  dan  Ujian  Sekolah  Tahun  Pelajaran  2013/2014.
2.            Untuk  memenuhi  kewajiban  setelah  melaksanakan  Praktik  Kerja  Industri.
3.            Untuk  memenuhi  tingkat  kemampuan  para  siswa  dalam  menyerap  ilmu  yang  telah  diberikan  dan  mengaplikasikannya  di  lapangan.

C.   Metode  Penyusunan  Laporan
Dalam  pembuatan  laporan  ini  penulis  menggunakan  beberapa  metode  pengambilan  data,  diantaranya  :
1.      Metode  Observasi
Yaitu  penulis  melakukan  pengamatan  untuk  mendapatan  data  keterangan  yang  diutuhkan  dalam  penyusunan  laporan.
2.      Metode  Wawancara
Yaitu  penulis  mengadakan  Tanya  jawab  kepada  pembimbing  dan  karyawan  lainnya  di  industri  untuk  mendapatkan  data  yang  dibutuhkan  dalam  penyusunan  laporan.
3.      Metode  Dekumentasi
Yaitu  penulis  mengumpulkan  data  secara  dokumentasi,  berupa  gambar,  foto,  dll.



BAB  II
URAIAN  UMUM

A.    Sejarah  Berdirinya  PT.  Yoyta  Karya
PT.  Yodya Karya  Persero  adalah  perusahaan  N.V.  Job & Sprey  yang  didirikan di  Jakarta  tahun  1948  oleh  mr.  Sprey  seorang  warga  Negara  Belanda  yang  beralamat  di  Jl.Cikini  Raya  No.  1  Jakarta  Pusat,  dimana  kegiatan  utama  perusahaan  adalah  jasa  konstruksi,  untuk  pekerjaan  perencanaan  dan  pengawasan  bangunan  gedung.
Pada  tahun  1972,  N.V.  Job & Sprey  di  nasionalisasikan  oleh  pemerintah  republic  Indonesia  sebagai  perusahaan  Negara  dengan  nama  P.N.  Yodya  Karya. Sejak  saat  itu  P.N.  Yodya  Karya  bekerja  dengan  beberapa  tenaga  ahli  arsitektur  dan  sarjana  teknik  lainnya.  Kegiatan  utamanya  masih  tetap  pada  bidang  konsultasi  untuk  pekerjaan  perencanaan  dan  pengawasan  bangunan  gedung.
Pada  tahun  1972,  P.N.  Yodya  Karya  berubah  bentuk  menjadi  perusahaan  perseorang  (Persero).  Berdasarkan  akte  notaris  Djojo  Muljadi,  SH  No.  62  tanggal  15  maret  1972,  karena  dinilai  sangat  tepat  untuk  mengembangkan  diri  dan  berkreasi.  Dengan  nama  resmi  PT.  Yodya  Karya  (Persero),  Ir. Mahmud  Ali  diangkat  sebagai  direktur  utama  menggantikan  prof.  Dr.  Ir.  R.  Rooseno,  dan  sebagai  pemegang  saham  tunggal  adalah  departemen  keuangan  sebagai  wakil  dari  pemerintah,  sedangkan  Departeme  Pekerjaan  Umum  berfungsi  sebagai  penasehat  teknis.  Sesuai  dengann peraturan  pemerintah  No. 41  tahun  2003,  tentang  pelimpahan  kedudukan,  tugas  dan  kewenangan  Mentri  Keuangan  pada  perusahaa  perseroan  (Persero),  Perusahaan  Umum  (Perum),  dan  Perusahaan  Jawatan  (Perjan)  pengelolanya  dilimpahkan  kepada  Kementrian  Negara  BUMN.
Kondisi  hubungan  kerja  yang  baik  dengan  pemberi  tugas,  yang  disertai  pelayanan  teknis  dan  administratif  yang  professional,  dilanjutkan  oleh  Ir.  Wonargo  Martowirono  sebagai  direktur  utama  dan  dilanjutkan  oleh  Ir.  Soebianto  Imam  Rahayu,  dan  Aries  Sirait,  SE,  MBA,  dan  pada  tahun  2008  Menteri  Negara  BUMN  menunjuk  /  mengangkat  Ir.  Muhamad  Basir,  MM  sebagai  direktur  utama  PT.  Yodya  Karya  (Persero),  dibantu  oleh  Jusarwanto,  SE.  AK.  Sebagai  direktur  keuangan  dan  Ir. Yudi  Wahjono,  IAI  sebagai  direktur  operasi,  berdasarkan  surat  keputusan  BUMN  No.  KEP-129  MBU/2008  tanggal  24  Juni  2008  tentang  pemberhentian  dan  pengangkatan  anggota-anggota  direksi  Perusahaan  Perseroan  (Persero)  PT.  Yodya  Karya.
Visi.
Menjadi  konsultan  professional,  terpercaya,  berwawasan  global,  berdaya  saing  kuat,  tumbuh  dan  berkembang  serta  menguntungkan.
Misi.
·               Memposisikan  SDM  sebagai  asset  utama  perusahaan.
·               Meningkatkan  kualitas  SDM  melalui  profesionalisme,  kompetisi,  dan  kesejahteraan.
·               Mnigkatkan  kualitas  perusahaan  dan  sertifikasi.
·               Meningkatkan  kualitas  karya  professional  melalui  pemutakhiran  teknologi.
·               Menjamin  kualitas  pelayanan  melalui  quality  assurance.
·               Meningkatkan  hubungan  dan  komitmen  jasa  professional  dengan  pengguna  jasa.
·               Meningkatkan  nilai  perusahaan  dengan  mengembangkan  management  sinergi.
·               Mendapatkan  keuntungan  secara  layak  untuk  menjamin  kelangsungan  hidup  perusahaan.
·               Berfikir  aktif  dalam  pengembangan  dunia  usaha  jasa  konsultasi.
·               Berfikir  aktif  dalam  meciptakan  dan  menjaga  harmonisasi  lingkungan  Perusahaan.

Budaya  Kerja
   Dibangun  dengan  memperhatikan  karakter  bisnis  bidang / layanan  jasa  konsultan,  yaitu  :  etika  profesi,  korsa  dan  sinergi  (Profesionalizm  ethic,  collegial  spirit  and  synergy)
Semboyan  Perusahaan
Profesional,  Sinergi  dan  Berkelenjutan  (Professional,  synergy,  Sustainable).

B.    Identitas  Perusahaan
Setiap  perusahaan  pasti  mempunyai  identitas  Perusahaan  sendiri.  Semua  data  fisik  pada  sebuah  Perusahaan  tercantum  dalam  sebuah  identitas  perusahaan.  PT.  Yodya  Karya  (Persero)  Cabang  1  Semarang  sebagai  perusahaan  yang  bergerak  di  bidang  bangunan  mempunyai  identitas  sebagai  berikut  :
1
Bentuk,  Nama,  dan  Alamat
PT.  YODYA  KARYA  (Persero)  Cabang  I  Jawa  Tengah
Jl.  Sriwijaya  No. 41  Semarang
Telp  :  (024)  8313900,  8412833
Fax   :  (024)  8412833
2
Nama,  dan  Jabatan  Penanggung  Jawab 
Ir.  Delta  Hatmantari  S,  Kepala  Cabang
3
DRM  (Daftar  Rekanan  Mampu)  Pemerintah  Provinsi  Jawa  Tengah
Nomor  00025/PANPRA/1997
Kode  Rekanan  :  2.00.11.33.00013
Masa  Berlaku  1  Januari  2002
4
Tanda  Anggota  INKINDO,  Nomor  dan  Masa  Berlaku
Nomor   :
Tanggal  :
5
Sub  Bidang  Pekerjaan  (Spesialisasi)
Yang  Tercantum  dalam  TDR  Pem.Prop.Jateng
·         Pekerjaan  Umun
·         Transportasi
·         Komunikasi
·         Pertanial / LH
·         Perindustrian
·         Pertambangan  Energi
·         Pengukuran  Pemetaan
·         Bidang  Lainnya.
6



NPWP  Tanggal  Kantor  Inspeksi  Pajak


1.001.616.0-508,  01  Oktober  1994,  Semarang  Selatan
7
Akta  Pendirian,  Notaris  Djaja  Muljadi,  SH
No.  62,  Tanggal  15  Maret  1972
Pengesahan  Dep.  Kehakiman
No  :  YA5/58/21
Tanggal  :  20  Februari  1973
Perubahan  Pengesahan  Dep.  Kehakiman
No  :  02-279  UT.01.th.98,
Tanggal  :  09  Desember  1998
Pendaftaran  di  Pengadilan
No  :  740,
Tanggal  :  28  Februari  1973
Pengumuman  dalam  Berita  Acara
No  :  75,
Tanggal  :  18  September  1983


Akta  Perubaha  Notaris  Imas  Fatimah,  SH
No :  43,
Tanggal  :  11  Februari  1983
Akta  Perubaha  Notaris  Imas  Fatimah,  SH
No  :  118,
Tanggal  :  17  Februari  1984
Akta  Perubaha  Notaris  Imas  Fatimah,  SH
No  :  141,
Tanggal  :  20  Juli  1987
Akta  Perubaha  Notaris  Imas  Fatimah,  SH
No  :  12,
Tanggal  :  13  Mei  1998
Akta  Notaris  Cabang  :

Akta  Pernyataan  Notaris  Titi  Ana,  SH
No.  1
Tanggal  :  9  November  1993
Akta  Perubaha  Notaris  Imas  Fatimah,  SH
No.  9
Tanggal  :  7  Oktober  1998
8
SIUJK  a.n.  PT.  Yodya  Karya
No  :  1133.3.72.92.00026A
Tanggal  :  20  Januari  1992
9
Nasabah  Bank
·         Bank  Pembangunan  Daerah  Jateng 
No.  1-034-0821207
·         Bank  Mandiri  Semarang
No.  135-0089000846
10
Pengalaman  Bidang  Usaha
30  Tahun





C.    Denah  Lokasi  Perusahaan
PT  Yodya  Karya  berada  dijalan  Sriwijaya  No.  41  Semarang.  Adapun  lokasi  dapat  dilihat  pada  gambar  berikut.

Gambar  2.1  (Lokasi  PT  Yodya  Karya)

A.    Struktur  Organisasi  Perusahaan
Struktur  organisasi  sangat  penting  bagi  Perusahaan  karena  tanpa  adanya  struktur  organisasi,  anak  Perusahaan  tidak  dapat  berfungsi  sebagaimana  mestinya.  Yang  dimaksud  dengan  struktur  organisasi  adalah  suatu  cara  atau  system  dari  aktivits-aktivitas  untuk  mengurus  sesuatu  dalam  usaha  mencapai tujuan  tertentu.
Struktur  organisasi  PT  Yodya  Karya  menggunakan  struktur  organisasi  garis,  dimana  wewenang  dari  puncak  pimpinan  mengalir  langsung  ke  pimpinan  yang  berada  dibawahnya.  Perusahaan  dalam  mencapai  tujuannya  memerlukan  adanya  struktur  organisasi  yang  baik,  karena  akan  sangat  membantu  Perusahaan  dalam  melakukan  operasi  Perusahaan.

Berikut  bentuk  organisai  PT  Yodya  Karya  pusat  :
Gambar  2.2  (Struktur  Organisasi  PT  Yodya  Karya  Pusat)



BAB  III
URAIAN  KHUSUS

A.          Kompetensi / Pekerjaan  yang  dikerjakan.
Selama  penulis  melakukan  prakerin  di  PT  Yodya  Karya  (Persero)  Cabang  I  Jawa  Tengah,  Penulis  melakukan  pekerjaan  pembangunan  gedung  ruang  instalasi  rawat  inap  (Gedung G)  RSU.  Prembun – Kebumen,  Yang  terdiri  dari  2  aspek  :
1.      Konsep  Perencanaan
2.      Proses  Pembuatan  Gambar

1.     Konsep  Perencanaan
a.            Latar  Belakang  Perencanaan
Keberhasilan  pembangunan  kesehatan  tidak  semata-mata  ditentukan  oleh  hasil
Kerja  keras  dari  sector  kesehatan,  tetapi  sangat  dipengaruhi  oleh  hasil  kerja keras serta konstribusi positif dari berbagai sektor pembangunan lainnya. Untuk optimalisasi hasil serta kontribusi positif tersebut, harus dapat diupayakan
Masuknya upaya kesehatan sebagai asas pokok program pembangunan nasional. Dengan perkataan lain untuk dapat terwujudnya INDONESIA SEHAT 2014, para penanggung jawab pembangunan harus memasukkan pertimbangan-pertimbangan kesehatan dalam semua kebijakan pembangunannya.
Tujuan pembangunan kesehatan menuju Indonesia sehat 2014 adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan perilaku yang sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal diseluruh wilayah Republik Indonesia. Usaha kesehatan mencakup usaha peningkatan (promotif) pencegahan (preventif).
 Penyembuhan(kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif). Salah satu upaya penyembuhan pasien adalah melalui pengobatan dan perawatan yang dilaksanakan dalam ruang rawat inap di rumah sakit. Ruang rawat inap yang aman dan nyaman merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan pasien, oleh karena itu dalam merancang ruang rawat inap harus memenuhi persyaratan tertentu yang mendukung terciptanya ruang rawat inap yang sehat, aman dan nyaman.
Definisi  Ruang  Instalasi  Rawat  Inap  adalah  istilah  yang  berarti  proses   perawatan  pasien  oleh  tenaga  kesehatan  professional  akibat  penyakit  tertentu,  di mana  pasien  diinapkan  di suatu  ruangan  di rumah sakit.  Ruang  rawat  inap  adalah  ruang  tempat  pasien  dirawat.  Ruangan  ini  dulunya  sering  hanya  berupa  bangsal  yang  dihuni  oleh  banyak  orang  sekaligus.  Saat  ini,  ruang  rawat  inap   di  banyak  rumah   sakit   sudah   sangat   mirip   dengan  kamar-kamar   hotel.   Pasien  yang  berobat  jalan  di Unit  Rawat  Jalan,  akan  mendapatkan  surat  rawat  dari  dokter  yang  merawatnya,  bila  pasien  tersebut  memerlukan  perawatan  di dalam  rumah sakit,  atau menginap  di rumah  sakit. 


b.            Ruang  Instalasi  Rawat  Inap
Ruang untuk pasien yang memerlukan asuhan dan pelayanan keperawatan dan pengobatan secara berkesinambungan lebih dari 24 jam. Untuk tiap-tiap rumah sakit akan mempunyai ruang perawatan dengan nama sendiri-sendiri sesuai dengan tingkat pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak rumah sakit kepada pasiennya.

c.             Syarat  Ruang  Instalasi  Rawat  Inap
1)            Ruang administrasi.
Ruang untuk menyelenggarakan kegiatan administrasi khususnya pelayanan pasien di ruang rawat inap. Ruang ini berada pada bagian depan ruang rawat inap dengan dilengkapi loket/counter, meja kerja, lemari berkas/arsip, dan telepon/interkom.
2)            Ruang Dokter.
Ruang Dokter terdiri dari 2 ruangan, yaitu kamar kerja dan kamar istirahat/kamar jaga. Pada kamar kerja harus dilengkapi dengan beberapa peralatan dan furnitur.  Sedangkan pada kamar istirahat hanya diperlukan sofa dan tempat tidur. Ruang  Dokter dilengkapi dengan bak cuci tangan (wastafel) dan toilet.
3)            Ruang Linen.
Ruang untuk menyimpan bahan-bahan linen bersih yang akan digunakan di ruang
rawat.
4)            Spoolhoek.
Fasilitas untuk membuang kotoran bekas pelayanan pasien khusnya yang berupa cairan. Spoelhoek dala, bentuk bak atau kloset dengan leher angsa (water seal). 
Pada ruang spoehoek juga harus disediakan kran air bersih untuk mencuci tempat  cairan atau cuci tangan. Ruang tempat spoelhoek ini harus menghadap  keluar/berada di luar area rawat inap ke arahj koridor kotor. Spoelhoek dihubungkan  ke septic tank khusus atau jaringan IPAL.
5)            Kamar Mandi / Toilet.
Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga kebersihannya karena dengan kamar mandi/toilet yang bersih citra rumah sakit khususnya ruang rawat inap akan baik. Terdiri dari toilet pasien dan toilet staf.
6)            Pantry.
Tempat untuk menyiapkan makanan dan minuman bagi mereka yang ada di ruang rawat inap rumah sakit.
7)            Ruang Janitor.
Ruang tempat menyimpan dan mencuci alat-alat pembersih ruangan rawat inap.
8)            Bangunan gedung.
adalah konstruksi bangunan yang diletakkan secara tetap dalam suatu lingkungan,  di atas tanah/perairan, ataupun di bawah tanah/perairan, tempat manusia  melakukan kegiatannya, baik untuk tempat tinggal, berusaha, maupun kegiatan sosial dan budaya.

d.            Kegiatan  di  Ruang  Instalasi  Rawat  Inap.
1)            Alur Dokter, Perawat, Staf.
a)            Dokter masuk ke ruang dokter untuk ganti pakaian.
b)            Perawat, masuk ke ruang perawat untuk ganti pakaian.
c)            Staf, masuk ke ruang staf untuk ganti pakaian.

2)            Setelah selesai tugas. Dokter, Perawat , staf ke luar melalui alur yang sama.
a)            Pasien masuk ruang rawat inap dari IGD/COT/Rawat jalan melalui  administrasi.
b)            Pasien mendapatkan Nomor Rekam Medis.
c)            Serah terima & orientasi di pos perawat (Nurse Station).
d)           Pasien ganti pakaian.
e)            Pasien selanjutnya dirawat lebih lanjut di ruang rawat inap.
3)            Pasien meninggalkan ruang rawat inap.
a)            Pasien pulang ke rumah setelah sehat, atau
b)            Pasien meninggal dikirim ke kamar janazah.

e.             Persyaratan  Teknis  Sarana  Pembangunan  Ruang  Instalasi  Rawat  Inap.
1)            Lokasi.
a)            Bangunan rawat inap harus terletak pada lokasi yang tenang, aman dan nyaman, tetapi tetap memiliki kemudahan aksesibiltas atau pencapaian dari sarana penunjang rawat inap.
b)            Bangunan rawat inap sebaiknya terletak jauh dari tempat-tempat pembuangan kotoran, dan bising dari mesin/generator.
f.             Denah.

1)            Persyaratan umum          :
a)            Pengelompokan ruang berdasarkan  kelompok aktivitas yang sejenis hingga tiap kegiatan tidak bercampur dan tidak membingungkan pemakai bangunan.
b)            Perletakan ruangannya terutama secara keseluruhan perlu adanya hubungan antar ruang dengan skala prioritas yang diharuskan dekat dan sangat berhubungan/membutuhkan.
c)            Akses pencapaian ke setiap blok/ruangan harus dapat dicapai dengan mudah.
d)           Kecepatan bergerak merupakan salah satu kunci keberhasilan perancangan, sehingga blok unit sebaiknya sirkulasinya dibuat secara linier/lurus (memanjang)
e)            Jumlah kebutuhan ruang harus disesuaikan dengan kebutuhan jumlah pasien yang akan ditampung.
f)             Sinar matahari pagi sedapat mungkin masuk ke dalam ruangan.
g)            Alur petugas dan pengunjung dipisah.


2)            Persyaratan  Khusus                   :
a)            Ruang rawat inap 1 tempat tidur setiap kamar (VIP).
b)            Ruang rawat inap 2 tempat tidur setiap kamar (Kelas Satu)
c)            Ruang rawat inap 4 tempat tidur setiap kamar (Kelas Dua)
d)           Ruang rawat inap 6 tempat tidur atau lebih setiap kamar (kelas Tiga).   
Tetapi  yang  digambar  penulis  yaitu  Ruang  Instalasi  Rawat  Inap  (Ruang  G)  yang  hanya  menyediakan  Ruang  VIP.
g.            Lantai.
1)            Lantai harus kuat dan rata, tidak berongga.
2)            Bahan penutup lantai dapat terdiri dari bahan vinyl yang rata atau keramik dengan        nat yang rata sehingga abu dari kotoran-kotoran tidak bertumpuk, mudah      dibersihkan, tidak mudah terbakar.
3)            Pertemuan dinding dengan lantai harus melengkung (hospital plint), agar memudahkan pembersihan dan tidak menjadi tempat sarang abu dan kotoran.


h.            Langit - Langit.
1)            Langit-langit harus rapat dan kuat, tidak rontok dan tidak menghasilkan debu atau kotoran lain.
i.              Pintu.
Pintu masuk ke ruang rawat inap, terdiri dari pintu ganda, masing-masing dengan lebar 90 cm dan 40 cm. Pada sisi pintu dengan lebat 90 cm, di  pasang kaca intai.
1)            Pintu masuk ke kamar mandi umum, minimal lebarnya 85 cm.
2)            Pintu masuk ke kamar mandi pasien, untuk setiap kelas, minimal harus ada 1 kamar mandi berukuran lebar 90 cm, diperuntukkan bagi penyandang cacat.
3)            Pintu kamar mandi pasien, harus terbuka ke luar kamar mandi.
4)            Pintu toilet umum untuk penyandang cacat harus terbuka ke luar.

j.              Kamar  Mandi.
1)            Kamar mandi pasien, terdiri dari kloset, shower (pancuran air) dan bak cuci tangan (wastafel).
2)            Khusus untuk kamar mandi bagi penyandang cacat mengikuti pedoman atas standar teknis yang berlaku.
3)            Jumlah kamar mandi untuk penyandang cacat, 1 (satu) buah untuk setiap kelas.
4)            Toilet umum, terdiri dari kloset dan bak cuci tangan (wastafel).
5)            Disediakan 1 (satu) Toilet umum untuk penyandang cacat di lantai dasar,  dengan persyaratan sesuai pedoman atau standar yang berlaku.

k.            Jendela.
1)            Lebih disukai menggunakan jendela kaca bukaan, yang mudah pemeliharaannya, dan cukup simpel dan rapat.

2.           Proses  Pembuatan  Gambar kerja
Merencanakan  gambar  kerja  lengkap  disertai  detail – detail  khusus  yang  ada  dalam  gedung  ruang  instalasi  rawat  inap.  Direncanakan  dengan  software  AutoCAD  2D,  meliputi  :
1)            Gambar  Denah
2)            Gambar  Potongan
3)            Gambar  Tampak
4)            Gambar  Detail  Struktur  dan  Arsitektur
5)            Gambar  Detail  Kusen  Alumunium
6)            Gambar  Potongan  Prinsip



BAB  IV
PENUTUP
A.   `Kesimpulan
Bahwa  pengalaman  dan  kesempatan  itu  tak  ternilai  harganya.  Setelah  melaksanakan  Perakerin  di  PT  YODYA  KARYA  (Persero)  Cabang  1  Jawa  Tengah  selama  kurang  lebih  3  (Tiga)  bulan,  terhitung  dimulai  pada  tanggal  1  Juli  -  30  September.  Banyak  sekali  hal  baru  yang  penulis  dapatkan  dari  kegiatan  perakerin  tersebut.  Dari  pengalaman  dan  keseluruhan  selama  berada  di  industri,  penulis  dapat  menyimpulkan  sebagai  berikut  :
a.       Dengan  berbagai  hal  baru  yang  penulis  dapatkan  ketika  perakerin,  menunjukkan  bahwa  program  perakerin  sangat  diperlukan,  mengingat  di  sekolah  tidak  semua  pengetahuan  bisa  siswa  dapatkan.
b.      Keaktifan  dari  seorang  yang  bekerja  di  industri  sangat  diperlukan,  karena  atasan  tidak  selalu  bisa  mengontrol  laju  pekerjaan  bawahannya,  sehingga  bawahan  harus  lebih  aktif  berkomunikasi / menghubungi  atasan.
c.       Menumbuhkan  motivasi  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  kepada  siswa  agar  berusaha  untuk  mencapai  kesuksesan  kelak,  sehingga  siswa  dapat  membuka  mata  untuk  hal – hal  penting  yang  dapat  menghantar  mereka  pada  kesuksesan  itu.
d.      Pembiasaan  diri  dalam  system  kedisiplinan.  Tentunya  berbeda  dengan  sekolah,  industri  memiliki  aturan  khusus  untuk  para  pekerjanya  dan  semua  itu  sangat  dibutuhkan  oleh  siswa  (calon  pekerja).
e.       Selama  3  bulan  di  industri,  penulis  menyimpulkan  bahwa  materi  yang  didapatkan  di  sekolah,  masih  sangat  jauh  dari  apa  yang  ada  di  dunia  industri.


B.   Saran

1.      Kepada  Perusahaan
a.       Demi  menunjang  program  perakerin,  pihak  industri  diharapkan  dapat  memberi  kepercayaan  kepada  siswa  perakerin  untuk  diberi  tugas  yang  lebih  bervariasi  agar  siswa  tidak  jenuh  selama  Perakerin.
b.      Diharapkan  pembimbing  perakerin  dapat  menjalin  komunikasi  yang  lebih  akrab  kepada  siswa  perakerin,  agar  siswa  tidak  canggung  dalam  berkomunikasi.
c.       Untuk  semua  pekerja  di  industry,  diharapkan  agar  lebih  terbuka  kepada  siswa  perakerin,  mengingat  ini  juga  bagian  proses  belajar  bagi  siswa  untuk  mengenal  dunia  industri.

2.      Kepada  Sekolah
a.       Diharapkan  sekolah  dapat  mencari  mitra  industry  lebih  banyak  lagi,  sehingga  siswa  mempunyai  pilihan  yang  lebih  bervariasi,  dan  tidak  terjadi  siswa  mencari  tempat  Perakerin  (industri)  sendiri.
b.      Pokja  perakerin  diharapkan  agar  lebih  jelas  dan  tegas  dalam  proses  pencarian  tempat  perakerin  (industri)  untuk  siswa.
c.       Pokja  perakerin  diharapkan  dapat  memberi  pembekalan  dengan  lebih  intensif,  sehingga  siswa  dapat  lebih  jelas  tentang  apa  yang  harus  dilakukan  ketika  proses  pelaksanaan  Perakerin.
Pengawasan  kepada  siswa  perakerin  harap  lebih  diperketat,  agar  tidak  ada  siswa  yang  membolos  atau  tidak  masuk  tanpa  keterangan.

2 komentar: